posted by :Ione

Email Untuk Muslim

Sebuah alamat email adalah identitas online Anda. Bismillah Mail adalah layanan email yang memberikan rasa bangga menjadi seorang Muslim. Beberapa fasilitas yang ditawarkan:
Unik Muslim Identitas
Pengalaman Pengguna Yang Luar Biasa
Buku alamat Dengan Gambar
Bisa Diakses Melalui Hendphone
Kapasitas Mencapai 1 GB Daftar Sekarang »»

>judul gambar
posted by :Ione

10 Manusia Tertinggi Didunia

Kosen Manusia Tertinggi di Dunia 2010 Sultan Kosen (26) dari Turki dianugarihi manusia tertinggi di dunia oleh Guinness Book of Records, Sabtu (26/9) .Kedua orang ini berasal dari negeri tirai bambu dan keduanya termasuk orang yang terunik didunia, mereka memiliki tubuh tertinggi dan terpendek didunia. Orang-orang menyebut mereka dengan julukan the big man and dwarf of chinese. yang embuat merek semakin aneh adalah keduannya berasal dari negara yang sama. Pada buku Guinness Book of Record 2007, manusia tertinggi dunia tercatat berasal dari China yaitu Bao Xishun dengan tinggi 7 kaki 9 inci atau sekitar 2,36 meter. Sedangkan manusia terpendek-juga berasal dari China-bernama He Pingping. Read More »»

>judul gambar
Posted by : Ione

Percantik Tampilan Faceebok

Percantik Tampilan Facebook : Bosan dengan tampilan facebook yang begitu-gitu saja tanpa variasi, tidak seperti friendster atau myspace yang bisa kita kostumisasi sesuai dengan kemauan kita. Kalau begitu coba yang satu ini, dengan cara ini kita dapat mengganti tampilan halaman facebook menjadi lebih bagus dan yang paling penting bisa dikostumisasi sendiri. Jika anda merasa Group ini bermanfaat silahkan undang teman-teman anda untuk bergabung. terima kasih.Langkah-langkahnya : 1 ► KLIK "Join this Group" ATAU "Gabung ke Grup Ini" (hanya anda yang telah bergabung yang bisa menggunakan fasilitas ini!) 2 ► KLIK "Invite People to Join" ATAU "Undang Orang untuk Bergabung" 3 ► CENTANG Semua teman anda,Read More »»

judul gambar
posted by :Ione

Baca Al-Qur'an di Facebook

Asik Facebookan!,sekali-kali baca Al-qur'an yah kalo ngga sempat sekedar mendengarkan ajala.Yang berminaat bisa gunakan aplikasi ini.aplikasi ini adalah bagiin aplikasi facebook tentang Al Quran. Aplikasi ini bernama Quran Verses. Keunggulan aplikasi facebook ini yaitu facebook'er bisa mendengarkan ayat demi ayat alquran oleh para Tilawah terkemuka di dunia. Jadi selain untuk dibaca juga bisa untuk didengarkan. Mau ? 1. Untuk menginstall aplikasi facebook tersebut, caranya : - Login terlebih dahulu di facebook anda. - Buka url berikut ini : http://apps.facebook.com/quranic_verses/ - Klik Izinkan. - Setelah itu, anda akan dibawa ke Setting Page(halaman pengaturan aplikasi tersebut).Read More»»

judul gambar
posted by :Ione

Penemuan Kapal Nabi NUH AS

Di sebuah gunung yg sentiasa diselimuti salju yg terletak di Timur Turki, tersembunyi sebuah misteri “berharga” yang berusia lebih dari 5000 tahun. Peninggalan sejarah yg maha berharga itu bukan saja menarik minat para pengkaji Sejarah saja, namun pihak penyelidik US seperti CIA/KGB pun mencoba untuk melakukan penelitian disana. Sejauh ini CIA telah menggunakan satelite dan pesawat ‘Stealth’ utk mengambil gambar objek yg terdampar di puncak gunung tersebut. Gambar2 itu telah menjadi “rahasia besar” dan tersimpan rapi dengan kawalan yg ketat bersama dengan “rahasia2″ penting yg lain di Pentagon. Sudah beratus2 orang mencoba untuk mendaki Gunung Aghi-Dahl yg kerap dijuluki juga,Read More »»

judul gambar
posted by :Ione

10 Orang Hacker Terkenal di Dunia

Perjalanan untuk menjadi seorang hacker terkenal memang sangat sulit dan membutuhkan waktu lama, bahkan sampai merasakan indahnya dunia penjara dan tidak cukup sekali. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hacker adalah suatu tindak kejahatan atau tindakan kriminal, padahal tidak semua hacker itu berbuat kejahatan, beberapa diantara mereka menggunakan keahliannya untuk melihat atau memperbaiki kelemahan perangkat lunak komputer. Mari mengintip perjalanan 10 hacker ternama ! 1. Kevin Mitnick Pria kelahiran 6 Agustus 1963 ini adalah salah satu hacker komputer yang paling kontroversial di akhir abad ke-20. Pengadilan Amerika bahkan menjulukinya sebagai buronan kriminal,Read More »»

judul gambar
posted by :Ione

Kelahiran Bayi Mata Satu Di Israel,Inikah Dajjal?

Dajjal lagi..dajjal lagi,sebelumnya telah heboh dengan Kehadiran sai baba di india yang di yakini sebagai dajjal,sekarang muncul lagi berita tentang lahirnya seorang bayi ber-mata satu di israel,benarkah bayi mata satu ini adalah dajjal???.Banyak pendapat dari berbagai kalangan yang menimbulkan kontraversi.Dan apapun yang telah di informasikan tentang berita kelahiran bayi mata satu yang menhebohkan ini,semuanya tergantung anda untuk menilainya.oh iya dari pengetahuan sendiri,Dajjal itu sebenarnya sudah ada dari dulu dan sekarang lagi di belenggu di sebuah pulau,dan pernah seorang sahabat rasul menemuinya dan kemudian melaporkannya kepada Rasululloh dan Rasulullha SAW membenarkan,Read More »»

judul gambar
posted by :Ione

Orang Batak yang Lolos dari Kejamnya Nazi

Berikut adalah kisah orang batak yang lolos dari kekejaman kamp konsentrasi Nazi Hitler. Semoga menambah wawasan! Di DALAM tubuh Parlindungan Lubis, tidak setetes pun mengalir darah Yahudi. Dia Batak tulen dari Mandailing. Namun kenyataannya, dia harus mendekam selama lima tahun di kamp konsentrasi NAZI , dan masih beruntung bisa keluar dari tempat penyiksaan dan pembantaian yang sadis tiada tandingannya itu. Lubis mengisahkan pengalamannya yang luar biasa itu dalam sebuah otobiografi. Sudah agak lama beredar; namun buku tersebut masih tetap aktual sampai sekarang.Pasalnya, dialah satu-satunya orang Indonesia yang mengalami langsung hari-hari mencekam di kamp konsentrasi Nazi. Read More »»

judul gambar

Mengenal Lebih Dekat Mata Uang Indonesia (1923-1939)

Sabtu, 07 Agustus 2010

1925-1931 (seri JP Coen)



Seri JP Coen mulai dicetak tahun 1925 dan berakhir sekitar tahun 1931. Terdiri dari pecahan yang lengkap dari 5 sampai dengan 1000 gulden. Tingkat kesulitan seri ini sangat bervariasi mulai dari sangat mudah ditemukan (pecahan 25 gulden) sampai sangat-sangat sulit didapatkan (pecahan 300 gulden). Seperti apa bentuk seri ini, mari kita lihat.




Pecahan 5 gulden, satu-satunya yang tidak bergambar JP Coen





Pecahan 10 gulden



Pecahan 25 gulden





Pecahan 50 gulden





Pecahan 100 gulden



Pecahan 200 gulden



Pecahan 300 gulden


Pecahan 500 gulden





Pecahan 1000 gulden


Dari semua pecahan-pecahan di atas, masih dapat dibedakan lagi menurut variasi tanda tangannya. Menurut data dari katalog Mevius dan KUKI, seri Coen terdiri dari berbagai jenis variasi tanda tangan seperti pada tabel di bawah ini :


Variasi tanda tangan pada seri Coen.



Dari semua variasi tanda tangan tersebut, 2 diantaranya yang diberikan tanda (+) masih berupa tanda tanya, karena baru dilaporkan tetapi belum pernah terlihat secara fisik, sehingga keberadaannya masih berupa tanda tanya.


Kelangkaan beberapa variasi sudah bukan rahasia lagi, Coen 300 gulden contohnya, mungkin tidak lebih dari 10 lembar yang pernah terdengar tetapi yang benar-benar pernah terlihat secara nyata sejauh ini tidak lebih dari 5 lembar saja. Bila diurutkan, tingkat kelangkaan seri Coen adalah sbb:

1. Coen 300 gulden (sangat sulit ditemukan)

2. Coen 500 gulden

3. Coen 1000 gulden

4. Coen 200 gulden

5. Coen 50 gulden

6. Coen 5 gulden

7. Coen 10 gulden

8. Coen 100 gulden

9. Coen 25 gulden (sangat mudah ditemukan)


Sedangkan bila digabung dengan variasi tanda tangan, 5 urutan tersulit sekaligus termahal adalah sbb:

1. Coen 300 gulden

2. Coen 1000 gulden tt Praasterink

3. Coen 500 gulden tt Praasterink

4. Coen 200 gulden tt Lighart

5. Coen 200 gulden tt Praasterink


Tetapi apakah benar urutannya demikian? Atas dasar apa urutan ini dibuat? Apakah hanya berdasarkan dugaan saja? Untuk kepastiannya silahkan membaca Info Uang Kuno 16 yang akan membahas tuntas rahasia uang kertas seri JP Coen.

Dengan begitu banyaknya variasi tanda tangan ditambah sulitnya mendapatkan pecahan2 tertentu, maka sampai saat ini boleh dikatakan hampir tidak ada seorang kolektorpun yang bisa memiliki seri ini secara lengkap. Bahkan banyak diantara para kolektor senior yang dalam seumur hidupnya tidak pernah sekalipun bisa memiliki 4 pecahan terbesar. Jadi pesan saya untuk teman-teman semua, janganlah kecewa bila anda tidak bisa mengoleksi seri ini secara lengkap. Walaupun tipis harapan, tetaplah berusaha.


Harga

Banyak teman-teman bertanya berapa perkiraan harga untuk masing2 pecahan seri Coen. Sungguh merupakan persoalan yang rumit untuk menentukan harga, apalagi karena seri ini termasuk seri favorit yang selalu diburu oleh para kolektor maka tidaklah mengherankan bila harga selalu berubah. Untuk saat ini saya memberikan patokan harga berdasarkan KUKI 2010:

Pecahan 5 gulden: berkisar dari Rp.50.000 s/d Rp.1.000.000

Pecahan 10 gulden: Rp.150.000 s/d Rp.1.500.000

Pecahan 25 gulden: Rp.150.000 s/d Rp.1.250.000

Pecahan 50 gulden: Rp.250.000 s/d Rp.5.000.000 (variasi Lighart)

Pecahan 100 gulden: Rp.500.000 s/d Rp.3.500.000

Pecahan 200 gulden: Rp.4.000.000 s/d Rp.25.000.000

Pecahan 300 gulden: Rp.25.000.000 s/d Rp.60.000.000

Pecahan 500 gulden: Rp.5.000.000 s/d Rp.27.000.000

Pecahan 1000 gulden: Rp.6.000.000 s/d Rp.30.000.000


Seperti biasa, selalu saya ingatkan bahwa harga-harga tercantum bukanlah patokan mati, semuanya harus dinilai dengan bijak. Harga tertinggi menurut KUKI adalah harga untuk variasi tersulit, sedangkan untuk variasi biasa, harga sekitar 25-50% lebih rendah.




Variasi-variasi lainnya


Ternyata selain versi beredarnya, seri Coen ini juga memiliki variasi lain yang tentunya lebih langka lagi. Jangan bertanya soal harga, bisa melihatnyapun kita sudah beruntung. Mari kita lihat beberapa jenis variasi-variasi tersebut:

1. SPECIMEN ND 00000

Variasi super langka, hanya pernah terlihat 1-2 kali saja dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Sangat jarang ditemukan dalam bentuk satu set lengkap.



Pecahan 5 gulden SPECIMEN


Pecahan 10 gulden SPECIMEN


Pecahan 25 gulden SPECIMEN


Pecahan 50 gulden SPECIMEN


Pecahan 100 gulden SPECIMEN


Pecahan 200 gulden SPECIMEN


Pecahan 300 gulden SPECIMEN


Pecahan 500 gulden SPECIMEN


Pecahan 1000 gulden SPECIMEN


Seluruh uang SPECIMEN di atas bernomor seri ND 00000 dan bertanggal fiktif 31 Februari 9876. Apa arti dibalik angka2 tersebut masih belum diketahui. Kita sungguh beruntung bisa melihat seri ini secara lengkap.


2. SPECIMEN I

Variasi ini bernomor seri jalan, tetapi di stempel SPECIMEN. Sering disebut sebagai specimen jalan. Kedua pecahan di bawah ini diambil dari gambar salah satu balai lelang internasional.



Pecahan 200 gulden SPECIMEN bernomor seri jalan


Pecahan 1000 gulden SPECIMEN bernomor seri jalan


3. SPECIMEN II

Bernomor seri jalan tetapi memiliki perforasi (lubang2) bertulisan tanggal fiktif dengan stempel SPECIMEN. Sangat langka dan hampir tidak pernah terlihat dipasaran. Apalagi dalam bentuk satu set lengkap.


Pecahan 1000 gulden SPECIMEN bernomor seri jalan dengan perforasi


4. PROOF

Selain bentuk-bentuk di atas, ternyata terdapat juga bentuk proof nya. Bernomor seri GP 01234 -GP 56789, bertanggal fiktif dan tidak bertanda tangan. Bentuk yang sangat langka.



Pecahan 200 gulden PROOF

Setelah melihat bentuk dan macam2 variasinya, sekarang saya akan mencoba untuk menerangkan rahasia yang tersembunyi di balik seri JP Coen ini. Harap diketahui bahwa pembahasan yang akan diterangkan bersifat umum sehingga kita menjadi mengerti dan lebih menghargai uang2 koleksi kita.

Setiap uang JP Coen, memiliki beberapa keterangan:

1. Nomor seri, terdiri dari prefiks 2 huruf dan 5 angka yang selalu dimulai dengan angka 0

2. Tanda tangan dengan berbagai variasi

3. Tanggal cetak, terdiri dari kata BATAVIA diikuti tanggal, bulan dan tahun

4. Kode kontrol yang terletak di sudut kanan bawah sisi belakang





Kode kontrol

1933-1939 (seri wayang)

Seri wayang merupakan seri paling favorit dan paling diburu oleh para kolektor. Bentuknya yang indah, nominalnya yang lengkap dan kesulitannya yang sangat besar menyebabkan seri ini mengalami kenaikan harga yang sangat luar biasa. Tidak heran banyak kolektor baik pemula maupun senior yang seringkali mengalami kesulitan untuk melengkapi seri ini.

Seri wayang terdiri dari 8 pecahan dan 14 variasi. Pecahan kecil (5, 10 dan 25 gulden) masing2 memiliki 3 variasi tanda tangan. Sedangkan pecahan besar hanya satu variasi.

Pecahan 5 gulden

Satu-satunya pecahan yang hanya bergambar satu orang penari Jawa, pecahan lainnya bergambar dua orang penari. Mempunyai watermark mirip seri Coen, yaitu tulisan JB yang tersebar di seluruh kertas. Pecahan terkecil ini adalah pecahan yang paling mudah didapatkan. Harga untuk kondisi fine cuma beberapa puluh ribu rupiah saja, tetapi untuk kondisi UNC saat ini sudah sekitar Rp.400-500 ribu perlembarnya.

Wayang 5 gulden

Variasi tanda tangan yang ada:

1. Praasterink (1934-1937), tersulit ditemukan

2. JC Waveren (1937-1939)

3. Smits (1939)



Wayang 5 gulden dengan 3 variasi tanda tangan

Pecahan 10 gulden

Pecahan ini juga relatif masih mudah ditemukan. Mempunyai watermark ombak vertikal, Harga perlembar untuk kondisi fine sekitar beberapa puluh ribu rupiah saja, tetapi untuk kondisi UNC sudah cukup sulit ditemukan.


Wayang 10 gulden

Pecahan ini juga terdiri dari 3 variasi tanda tangan:

1. Praasterink (1933-1934)

2. JC Waveren (1937-1938)

3. Smits (1939)



Wayang 10 gulden dengan 3 variasi tanda tangan

Pecahan 25 gulden

Bentuknya sudah lebih besar dari kedua pecahan sebelumnya, bergambar sepasang penari wayang. Uang dengan watermark bergaris zig-zag ini berharga sekitar 250 ribu rupiah perlembar untuk kondisi fine, sedangkan untuk kondisi UNC sudah di atas Rp. 1,5 juta. Apalagi untuk variasi tanda tangan yang sulit (Smits).



Wayang 25 gulden

Variasi yang ada :

1. Praasterink

2. JC Waveren

3. Smits, merupakan variasi tersulit sekaligus termahal


Wayang 25 gulden dengan 3 variasi tanda tangan

Pecahan 50 gulden

Mulai pecahan ini, bentuk uang sudah sangat besar dan cukup sulit ditemukan dalam segala kondisi. Memiliki watermark patung Hindu dan variasi tanda tangan hanya ada satu saja yaitu JC Waveren. Pecahan 50 gulden merupakan pecahan terakhir yang masih mungkin terjangkau oleh kebanyakan kolektor, harga untuk kondisi fine sekitar 1 juta rupiah sedangkan untuk kondisi EF sekitar 3 juta rupiah. Untuk kondisi UNC, saya tidak dapat memperkirakannya.


Wayang 50 gulden


Pecahan 100 gulden

Kebanyakan kolektor apalagi para pemula, sangat mungkin sudah tidak bisa memliki pecahan ini lagi. Selain cukup sulit, pecahan ini selalu mengalami kenaikan harga yang sangat pesat. Sekitar tahun 2001 harga uang ini untuk kondisi VF masih sekitar 4 juta, tetapi saat ini sudah mendekati 8 juta rupiah perlembarnya. Apalagi untuk kondisi yang lebih baik lagi. Pecahan 50, 100, 200, 500 dan 1000 gulden seringkali disebut sebagai wayang besar dan semuanya mempunyai tanda air yang sama yaitu patung Hindu.



Wayang 100 gulden


Pecahan 200 gulden

Pecahan ini jelas sangat-sangat sulit ditemukan dan bernilai sangat tinggi. Perkiraan harga untuk kondisi VF sekitar belasan juta rupiah.


Wayang 200 gulden



Pecahan 500 gulden

Pecahan ini lebih sulit lagi ditemukan, dalam 5 tahun terakhir hanya sekitar 3 lembar saja yang pernah terlihat di pasaran. Harga untuk kondisi VF mungkin sudah melebihi angka 20 juta rupiah.


Wayang 500 gulden

Pecahan 1000 gulden

Merupakan pecahan terbesar sekaligus tersulit ditemukan. Sangat dicari oleh para kolektor, dan hampir tidak pernah terlihat di pasaran. Harga perlembar tidak dapat ditentukan karena barang yang mau dijual tidak tersedia. Jangan heran hanya segelintir kolektor kelas kakap saja yang memilikinya.


Wayang 1000 gulden

Bentuk-bentuk lain

Selain versi beredarnya, seri wayang juga terdapat dalam bentuk lain yang sangat langka. Bentuk-bentuk tersebut antara lain:

1. Bentuk SPECIMEN bernomor seri AA 12345 - 67890


Terdapat dari pecahan 5 sampai 1000 gulden dengan tulisan SPECIMEN yang melintang, tanpa tanda tangan, tanggal fiktif dan perforasi angka 34-5-68. Harga seri ini sekitar Rp. 65-70 juta per set lengkap. Untuk gambar lengkapnya silahkan lihat KUKI nomor 135A s/d 142A


Wayang 1000 gulden SPECIMEN versi AA

2. Bentuk SPECIMEN bernomor seri jalan

Sayang sekali saya belum berhasil mendapatkan gambarnya, seri ini sangat sulit ditemukan dan bentuk stempel SPECIMEN nya berbeda dengan variasi sebelumnya. Harga lebih tinggi sedikit bila dibandingkan dengan bentuk pertama.


3. Bentuk Proof (1)


Bentuk yang cukup aneh, bertanggal 3-10-33 tetapi mempunyai nomor seri YR 12345 - 67890, tidak bertanda tangan dan hanya dijumpai dalam bentuk pecahan 10 gulden. Para kolektor masih memperdebatkan bentuk ini, sebagian berpendapat bahwa uang ini merupakan uang yang petama kali dicetak sebelum diedarkan, terlihat dari tanggalnya yang sangat awal. Apapun hasilnya, jenis uang yang satu ini sangat langka dan tidak pernah terlihat dipasaran.

Wayang 10 gulden proof YR


4. Bentuk Proof (2)


Bentuk ini mempunyai nomor seri AA 12345-67890, mirip dengan bentuk SPECIMEN, tetapi tanpa tulisan SPECIMEN. Watermark mirip dengan bentuk yang beredar. Seri ini tidak pernah terlihat dipasaran, bahkan tidak terdapat di dalam katalog manapun.

Wayang 100 gulden proof AA


5. Bentuk Proof (3)


Satu lagi bentuk yang sangat-sangat langka, tanpa nomor seri, tanpa tanggal, tanpa tanda tangan. Benar-benar kosong. Sepertinya bentuk yang siap untuk dicetak. Tidak pernah terlihat di pasaran dan bernilai jual sangat tinggi.



Wayang 200 gulden proof 'blank'


6. Bentuk proof (4)

Bentuk terakhir ini sangat-sangat langka dan tidak pernah terlihat dipasaran dalam bentuk set lengkap. Bernomor seri WW 12345 dan 67890. Sebagian pecahan memiliki watermark yang berbeda dengan versi yang beredar. Saya coba tampilkan bentuk-bentuk langka tersebut.


Pecahan 5 gulden

Tampak 2 variasi warna pecahan 5 gulden, bentuk ini terbuat dari kertas yang agak tebal dan tidak mempunyai tanda air. Tidak tercantum dalam katalog apapun. Variasi yang pertama tercetak hanya pada satu sisi sedangkan variasi kedua tercetak bolak balik.


Wayang 5 gulden proof seri WW dengan 2 variasi warna

Pecahan 10 gulden

Selain mempunyai warna yang berbeda dengan versi yang beredar, juga berbeda di bagian belakangnya yaitu di bagian text undang-undang. Perhatikan perbedaannya. Variasi ini tidak tercantum di dalam katalog.


Wayang 10 gulden proof seri WW


Perhatikan perbedaan letak text undang2 antara versi proof (atas) dengan versi beredarnya (bawah)


Pecahan 25 gulden


Ditampilkan 2 contoh variasi warna yang berbeda dengan versi beredarnya. Tidak bertanda air, mempunyai gambar yang sedikit berbeda dengan versi beredar dan juga tidak pernah terlihat di katalog manapun.


Wayang 25 gulden proof seri WW dengan 2 variasi warna


Perhatikan perbedaan dengan versi yang beredar (bawah) bagian manakah yang berbeda?


Pecahan 50 gulden

Mempunyai warna, watermark dan tanda tangan yang berbeda, tercantum di KUKI nomor 138B. Sangat langka dan bernilai tinggi.


Wayang 50 gulden proof seri WW beda warna


4 macam variasi warna yang berbeda, yang manakah versi yang beredar?


Pecahan 100 gulden


Seperti pecahan 50 gulden, pecahan 100 gulden ini juga berbeda dalam warna, watermark maupun tanda tangannya. Tercantum di katalog nomor 139B. Harga jual terakhir berkisar di angka 30 juta rupiah.


Wayang 100 gulden proof seri WW beda warna


Perhatikan teks undang2 yang berbeda antara versi proof (atas) dengan versi beredar (bawah)

Pecahan 200 gulden
Memiliki warna dan tanda tangan yang berbeda dengan versi yang beredar. Tetapi watermark sama yaitu patung Hindu. Tercantum di katalog pada nomor 140B.


Wayang 200 gulden proof seri WW

Pecahan 500 gulden

Juga memiliki warna yang berbeda dengan versi beredarnya, tercantum di katalog nomor 141B. Harga jual tidak diketahui.


Wayang 500 gulden proof seri WW

Pecahan 1000 gulden


Demikian juga dengan pecahan terbesar yaitu 1000 gulden memiliki warna yang berbeda dengan versi beredarnya. Tercantum di KUKI nomor 142B.


Wayang 1000 gulden proof seri WW
Bersambung..................
Sumber : uang-kuno.com

0 komentar:

Next previous home
Let's be Best ::: © 2008 Template by:
faris vio
Status YM